Selasa, 27 November 2012

Manajemen dan Pendokumentasian Asuhan Kebidanan


A.    Manajemen dan Pendokumentasian Asuhan Kebidanan
21  Manajemen Asuhan Kebidanan
1.1.      7 Langkah Varney
1)      Definisi
Manajemen kebidanan adalah proses pemecahan masalah yang digunakan sebagai metode untuk mengorganisasikan pikiran dan tindakan berdasarkan teori ilmiah, penemuan-penemuan, keterampilan dalam rangkaian / tahapan yang logis untuk pengambilan keputusan yang berfokus pada klien (Varney’s 1997).
Manajemen kebidanan adalah pendekatan yang digunakan oleh bidan dalam menerapkan metode pemecahan masalah secara sistematis mulai dari pengkajian, analisis data, diagnosis kebidanan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (50 tahun IBI,  2007 : 126)
2)      Langkah –langkah
Manajemen kebidanan terdiri dari beberapa langkah yang berurutan, yang dimulai dari pengumpulan data dasar dan berakhir dengan evaluasi. Adapun langkah-langkah adalah :
a)      Langkah I (Pengumpulan Data)
Mengumpulkan semua data yang dibutuhkan untuk menilai keadaan klien secara keseluruhandan lengkap, yaitu data utama (misalnya, riwayat persalinan), data subyektif yang diperoleh dari anamnesis (misalnya, keluhan pasien), dan data obyektif dari pemeriksaan fisik (misalnya, tekanan darah) diperoleh melalui serangkaian upaya sitematik dan terfokus. Validitas dan akurasi data akan sangat membantu pemberi pelayanan untuk melakukan analisis dan pada akhirnya, membuat keputusan klinik yang tepat.
b)      Langkah II (Interpretasi Data)
Setelah data dikumpulkan, penolong persalinan melakukan analisis untuk mendukung alur alogaritma diagnosis.Untuk membuat diagnosis dan identifikasi masalah , diperlukan data yag lengkap dan akurat, kemampuan untuk menginterpretasi/analisis data.
c)      Langkah III (Mengidentifikasi Diagnosa atau Masalah Potensial)
Mengidentifikasi diagnosa atau masalah potensial, berdasarkan rangkaian masalah dan diagnosis yang sudah diidentifikasi. Langkah ini membutuhkan antisipasi, bila memungkinkan dilakukan pencegahan.
d)     Langkah IV (Mengidentifikasi Kebutuhan yang Memerlukan Penanganan Segera)
Identifikasi masalah yang membutuhkan tindakan segera Menetapkan kebutuhan tindakan segera, konsultasi, kolaborasi, dengan tenaga. Kesehatan lain serta rujukan berdasrkan kondisi klien.
e)      Langkah V (Merencanakan Asuhan yang Menyeluruh)
Merencanakan Asuhan menyeluruh. Menyusun rencana asuhan secara menyeluruh dengan tepat dan rasional. Berdasarkan keputusan yang dibuat pada langkah-langkah sebelumnya. Merumuskan rencana asuhan sesuai dengan pembahasan rencana bersama klien, kemudian membuat kesepakatan bersama sebelum melaksanakannya.
f)       Langkah VI (Tindakan/Implementasi)
Melaksanakan perencanaan secara efisien dan aman. Perencanaan ini dapat dilakukan seluruhna oleh bidan atau sebagian oleh klien/anggota tim kesehatan lain. Dalam situasi ketika bidan berkolaborasi dengan dokter untuk menangani klien yang mengalami komplikasi, keterlibatan bidan dalam manajemen asuhan bagi klien adalah  bertanggung jawab terhadap terlaksananya rencana asuhan.    
g)      Langkah VII (Evaluasi)
Mengevaluasi keefektifan asuhan yang diberikan dengan mengulang kembali manejemen proses untuk aspek-aspek asuhan yang diberikan, meliputi pemenuhan kebutuhan terhadap masalah yang telah diidentifikasi didalam masalah dan diagnosis.


1.2.      SOAP
            Pendokumentasian Asuhan Kebidanan adalah system pencatatan yang digunakan agar asuhan yang dilakukan dapatdicatat dengan benar, jelas, sederhana dan logis dengan menggunakan metode pendokumentasian SOAP yang terdiri dari :

1)      S  : Subyektif

Menggambarkan pendokumentasian hasil pengumpulan data klien melalui anamnesa. Hal ini dilakukan untuk mengevaluasi keadaan klinis secara lengkap. Subjektif termasuk kedalam langkah 1 dalam 7 langkah varney.
2)      O : Obyektif
Menggambarkan pendokumentasian hasil pemeriksaan fisik dan klien,hasil laboratorium dan tes diagnostik lain yang dirumuskan dalam data fokus untuk mendukung assessment, objektif termasuk kedalam langkah 1 dalam 7 langkah varney.
3)      A : Assessment
Menggambarkan pendokumentasian hasil analisa dan interprestasikan data subyektif dan obyektif  dalam situasi diagnosa atau masalah dan antisipasi diagnosa atau masalah potensialo lain. Assessment termasuk langkah 2,3,4 dalam 7 langkah varney.


4)      P  : Planing
Menggambarkan pendokumentasian dari perencanaan, tindakan dan evaluasi berdasarkan assessment, planning terdiri dari langkah 5,6,7 dalam 7 langkah varney

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar